Bahas Soal TOEFL Structure 1.1
Halo semua!!! Akhirnya aku bisa upload lagi. Kali ini adalah bahasan tentang TOEFL ya. To be Honest, aku bukan master TOEFL. Jadi unggahan ini juga buat ajang latihan diri sendiri untuk rajin ngerjain soal TOEFL. Karena aku punya goals score TOEFL untuk waktu yang akan datang. Mumpung belum menyesal dan jangan! Jadi aku mulai untuk yang termudah dulu, yaitu Structure (bagian mudah itu sesuai selera ya). Ini merupakan soal TOEFL tahun 1989 yang aku bahas 7 soal dulu Karena hari ini aku harus mengerjakan laporan praktikum untuk dua hari lagi. Setidaknya minggu ini aku bisa ngerjain soal TOEFL. Semoga semangatnya nular ya, ingat goals kalian masing-masing :)
1989 – 01
1.
The flexibility
of film allows the artist …. Unbridled imagination to the animation of cartoon characters.
a. To bring
b.
Bringing
c.
Is brought
d.
Brings
Analyzing :
§ The flexibility of film à Subject
§ Allows à Verb
§ The artist à Object
§ Unbridled : (adj) tak terkekang | imagination : head
of noun phrase à
unbridled imagination à
Object-nya “the artist”
§ To the animation of cartoon characters à prepositional phrase (Pp)
§ Maka yang kurang
antara the artist dan Pp à Verb
a.
To bring
: nyambung sama artinya. ….memperbolehkan artis untuk membawa-
b. Bringing: jika dipilih sebagai Verb, maka harus menggunakan tobe
c.
Is brought
: merupakan bentuk passive. Setelah bentuk passive noun yang memberikan
tindakan harus didahului dengan by. Karena
pada noun phrase “unbridled imagination” tidak didahului dengan by, maka tidak dipilih.
d.
Brings
: jawaban benar, karena merupakan verb1 yang diberi tambahan s, mengingat “the artist” merupakan
bentuk tunggal. Namun dalam satu kalimat tidak boleh ada 2 verb yang bekerja.
2.
Traditionally, ….
In New England on Thanksgiving Day
a.
When served is
sweet cider
b.
When sweet cider
is served
c.
Is served sweet
cider
d. Sweet cider is
served
Analyzing
:
§ Traditionally : (adv) menurut adat/ secara
tradisional
§ In New England on Thanksgiving Day à Prepositional phrase (Pp)
§ Setelah koma,
sebelum Pp, syarat kalimat harus ada Subject – Verb. Maka yang hilang adalah S –
V
a.
When served is
sweet cider : ketika disediakan adalah anggur apel manis à secara arti tidak nyambung.
b.
when sweet cider
is served : ketika anggur apel manis disediakan à ini hampir benar, namun ada “when” yang merupakan anak kalimat. Padahal itu merupakan induk
kalimat yang kehilangan S – V
c.
is served sweet
cider : disediakan anggur apel manis à jika diasambungkan dengan Pp benar, namun Subject
hilang
d.
Sweet cider is
served : anggur apel manis disedikan ~Pp à Benar. Ada S – V
3.
Typical of the
grassland dweller of the continent …., or pronghorn.
a.
It is the
American antelope
b.
The American
antelope is
c. Is the American
antelope
d.
The American
antelope
Analyzing
§ Typical of the grassland dweller of the continent à Subject. Noun phrase (Np) bisa dilihat jika ada
dobel “of’ dalah satu kalimat sampai
verb maka itu Np.
§ Setelah Subject,
suatu kalimat harus ada Verb. Maka yang hilang ada Verb dan boleh ditambahi
dengan Object.
a.
It is the
American antelope à
ada It (Subject)
b.
The American
Antelope is à
ada subject sebelum verb (is)
c.
Is the Americam
antelope à
ada is (verb) + Object (the American antelope). benar
d.
The American
antelope à
Subject. Tidak bisa dipakai
4.
Lilian D. Wald,
public health nurse and ….., was born in Cincinnati Ohio, in 1867.
a.
Reforming society
b. Social reformer
c.
Who reformed
society
d.
Her social
reform
Analyzing
§ Yang dianalisa
terjepit antara koma merupakan kalimat aposisi (keterangan tambahan). Biasanya bentuknya
kalimat sempurna atau berupa omitting. Karena public health nurse merupakan noun phrase (Np) pekerjaan. Maka kalimat
setelah ”and” harus setera dengan Np pekerjaan (orang).
a.
Reforming
society à
membentuk perhimpunan
b.
Social reformer à merupakan orang yang melakukan pembentukan
perhimpunan
c.
Who reformed
society à
ada conjuction “Who” yang merupakan anak kalimat
d.
Her social
reform à
Np, tapi bukan pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang.
5.
Copper sulfate,
spread in judicious amounts, kills algae
…. Harming fish or aquatic invertebrates.
a.
Does not
b.
But does no
c.
Except
d. Without
Analyzing
§ Terdapat kalimat
aposisi (diapit koma) yang merupakan penjelasan tambahan untuk subject à menyebar dalam
jumlah banyak. Maka focus pada kalimat inti tanpa koma.
a.
Does not à Verb selanjutnya adalah Ving (Harming). Do+V1.
Harming merupakan Ving yang berdiri sendiri karena tidak terdapat conjunction
yang menyatakan anak kalimat.
b.
But Does no à penjelasan sama seperti option a
c.
Except à prep namun tidak cocok dengan artinya
d.
Without à prep, cocok dengan artinya
6.
Of the millions
who saw Haley’s comet in 1986, how many people …. Long enough to see it return
in the twenty-first century.
a.
will they live
b.
they will be
living
c.
will live
d.
living
Analyzing
§ Of the millions who saw Haley’s comet in 1986 à adjective clause
§ How many people à subject
§ Long enough àadjective phrase. Maka sebelumnya harus ada verb
yang bekerja
a.
Will they live à merupakan kalimat tanya, karena will terletak
sebelum subject (they). Padahal soal merupakan statement.
b.
They will be
living à
jika diartikan, jatuhnya ke pertanyaan. Sama seperti option a
c.
Will live à Verb bentuk future yang merefleksikan masa depan di
the twenty-first century. Benar!
d.
Living à harus ada tobe supaya bisa jadi verb.
7.
…. That fear,
happiness, sadness, and surprise are universally reflected in facial
expressions.
a.
Anthropologists
have discovered
b.
Anthropologist discovering
c.
The discovery by
antropologists
d.
Discovered by anthropologists
Analyzing
§ That merupakan
conjunctin (artinya soal merupakan anak kalimat), sehingga harus dilengkapi
dengan induk kalimat : Subject – Verb. Dari pilihan, jawaban yang tepat ada A
§ Anthropologists à Subject
§ Have discovered à Verb (present
perfect/ sudah terjadi)
Komentar
Posting Komentar