Bahas Soal TOEFL Structure 1.1

 Halo semua!!! Akhirnya aku bisa upload lagi. Kali ini adalah bahasan tentang TOEFL ya. To be Honest, aku bukan master TOEFL. Jadi unggahan ini juga buat ajang latihan diri sendiri untuk rajin ngerjain soal TOEFL. Karena aku punya goals score TOEFL untuk waktu yang akan datang. Mumpung belum menyesal dan jangan! Jadi aku mulai untuk yang termudah dulu, yaitu Structure (bagian mudah itu sesuai selera ya). Ini merupakan soal TOEFL tahun 1989 yang aku bahas 7 soal dulu Karena hari ini aku harus mengerjakan laporan praktikum untuk dua hari lagi. Setidaknya minggu ini aku bisa ngerjain soal TOEFL. Semoga semangatnya nular ya, ingat goals kalian masing-masing :)


1989 – 01

1.      The flexibility of film allows the artist …. Unbridled imagination  to the animation of cartoon characters.

a.       To bring

b.      Bringing

c.       Is brought

d.      Brings

Analyzing :

§  The flexibility of film à Subject

§  Allows à Verb

§  The artist à Object

§  Unbridled : (adj) tak terkekang | imagination : head of noun phrase à unbridled imagination à Object-nya “the artist”

§  To the animation of cartoon characters à prepositional phrase (Pp)

§  Maka yang kurang antara the artist dan Pp à Verb

a.       To bring : nyambung sama artinya. ….memperbolehkan artis untuk membawa-

b.      Bringing: jika dipilih sebagai Verb, maka harus menggunakan tobe

c.       Is brought : merupakan bentuk passive. Setelah bentuk passive noun yang memberikan tindakan harus didahului dengan by. Karena pada noun phrase “unbridled imagination” tidak didahului dengan by, maka tidak dipilih.

d.      Brings : jawaban benar, karena merupakan verb1 yang diberi tambahan s, mengingat “the artist” merupakan bentuk tunggal. Namun dalam satu kalimat tidak boleh ada 2 verb yang bekerja.

 

2.      Traditionally, …. In New England on Thanksgiving Day

a.       When served is sweet cider

b.      When sweet cider is served

c.       Is served sweet cider

d.      Sweet cider is served

 

Analyzing :

§  Traditionally : (adv) menurut adat/ secara tradisional

§  In New England on Thanksgiving Day à Prepositional phrase (Pp)

§  Setelah koma, sebelum Pp, syarat kalimat harus ada Subject – Verb. Maka yang hilang adalah S – V

a.       When served is sweet cider : ketika disediakan adalah anggur apel manis à secara arti tidak nyambung.

b.      when sweet cider is served : ketika anggur apel manis disediakan à ini hampir benar, namun ada “when” yang merupakan anak kalimat. Padahal itu merupakan induk kalimat yang kehilangan S – V

c.       is served sweet cider : disediakan anggur apel manis à jika diasambungkan dengan Pp benar, namun Subject hilang

d.      Sweet cider is served : anggur apel manis disedikan ~Pp à Benar. Ada S – V

 

3.      Typical of the grassland dweller of the continent …., or pronghorn.

a.       It is the American antelope

b.      The American antelope is

c.       Is the American antelope

d.      The American antelope

Analyzing

§  Typical of the grassland dweller of the continent à Subject. Noun phrase (Np) bisa dilihat jika ada dobel “of’ dalah satu kalimat sampai verb maka itu Np.

§  Setelah Subject, suatu kalimat harus ada Verb. Maka yang hilang ada Verb dan boleh ditambahi dengan Object.

a.       It is the American antelope à ada It (Subject)

b.      The American Antelope is à ada subject sebelum verb (is)

c.       Is the Americam antelope à ada is (verb) + Object (the American antelope). benar

d.      The American antelope à Subject. Tidak bisa dipakai

 

4.      Lilian D. Wald, public health nurse and ….., was born in Cincinnati Ohio, in 1867.

a.       Reforming society

b.      Social reformer

c.       Who reformed society

d.      Her social reform

Analyzing

§  Yang dianalisa terjepit antara koma merupakan kalimat aposisi (keterangan tambahan). Biasanya bentuknya kalimat sempurna atau berupa omitting. Karena public health nurse merupakan noun phrase (Np) pekerjaan. Maka kalimat setelah ”and” harus setera dengan Np pekerjaan (orang).

a.      Reforming society à membentuk perhimpunan

b.      Social reformer à merupakan orang yang melakukan pembentukan perhimpunan

c.       Who reformed society à ada conjuction “Who” yang merupakan anak kalimat

d.      Her social reform à Np, tapi bukan pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang.


5.      Copper sulfate, spread  in judicious amounts, kills algae …. Harming fish or aquatic invertebrates.

a.       Does not

b.      But does no

c.       Except

d.      Without

Analyzing

§  Terdapat kalimat aposisi (diapit koma) yang merupakan penjelasan tambahan untuk subject à menyebar dalam jumlah banyak. Maka focus pada kalimat inti tanpa koma.

a.      Does not à Verb selanjutnya adalah Ving (Harming). Do+V1. Harming merupakan Ving yang berdiri sendiri karena tidak terdapat conjunction yang menyatakan anak kalimat.

b.      But Does no à penjelasan sama seperti option a

c.       Except à prep namun  tidak cocok dengan artinya

d.      Without à prep, cocok dengan artinya

 

6.      Of the millions who saw Haley’s comet in 1986, how many people …. Long enough to see it return in the twenty-first century.

a.      will they live

b.      they will be living

c.       will live

d.      living

Analyzing

§  Of the millions who saw Haley’s comet in 1986 à adjective clause

§  How many people à subject

§  Long enough àadjective phrase. Maka sebelumnya harus ada verb yang bekerja

a.       Will they live à merupakan kalimat tanya, karena will terletak sebelum subject (they). Padahal soal merupakan statement.

b.      They will be living à jika diartikan, jatuhnya ke pertanyaan. Sama seperti option a

c.       Will live à Verb bentuk future yang merefleksikan masa depan di the twenty-first century. Benar!

d.      Living à harus ada tobe supaya bisa jadi verb.

 

7.      …. That fear, happiness, sadness, and surprise are universally reflected in facial expressions.

a.       Anthropologists have discovered

b.      Anthropologist discovering

c.       The discovery by antropologists

d.      Discovered by anthropologists

Analyzing

§  That merupakan conjunctin (artinya soal merupakan anak kalimat), sehingga harus dilengkapi dengan induk kalimat : Subject – Verb. Dari pilihan, jawaban yang tepat ada A

§  Anthropologists à Subject

§  Have discovered à Verb (present perfect/ sudah terjadi)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dialog Penyusunan Teks Proklamasi

Bahas Soal TOEFL Structure 2.2 [End of 1989-05]

Bahas Soal TOEFL Structure 3.1